- PROFIL INOVASI
- NAMA INOVASI
INOVASI “SEPEDA PAPI” (SistEm PElayanan DAring Pada PAsien Post OperasI)
- Dibuat oleh
-
- Tahapan Inovasi
-
- Inisiator Inovasi Daerah
-
- Jenis Inovasi
-
- Bentuk Inovasi Daerah
Inovasi Pelayanan Publik
- Urusan Inovasi Daerah
-
- Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan
Pemulihan kesehatan pasca operasi merupakan hal yang sangat penting bagi pasien untuk mencegah komplikasi. Komplikasi yang dapat muncul pasca operasi diantaranya perdarahan dan infeksi pada luka operasi (ILO). Hal ini berkaitan dengan kurangnya informasi yang didapatkan oleh pasien setelah operasi. Infeksi luka operasi merupakan salah satu contoh infeksi nosokomial yang terjadi dalam kurun waktu 30 hari pasca operasi, dan infeksi tersebut sangat berhubungan dengan operasi, dan melibatkan suatu bagian anatomis tertentu pada tempat insisi saat operasi.
Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk memberikan edukasi kesehatan pada pasien setelah operasi laparatomi saat pandemi covid-19 ini adalah dengan sistim daring. Sistem daring merupakan implementasi dari pendidikan jarak jauh melalui online. Jadi disini pasien dapat mendapatkan pendidikan kesehatan walaupun berada dirumah melalui sistem online dengan menggunakan telepon atau WhatsApp. Sistim Pelayanan Daring Pada Pasien Post Operasi merupakan sebuah inovasi untuk mencegah terjadinya infeksi luka operasi (ILO), dimana dengan dilakukan sistim daring ini petugas kesehatan dirumah sakit dapat memberikan edukasi tentang perawatan luka operasi dan mempercepat kesembuhan pasien setelah operasi. Metode daring ini juga dapat menjadi media untuk pasien dan keluarga berkonsultasi tentang masalah yang ada setelah operasi.
- Tujuan Inovasi Daerah
Tujuan dari inovasi “SEPEDA PAPI” ini adalah Mencegah terjadinya infeksi luka operasi (ILO), memberikan edukasi kepada pasien setelah operasi, dan menfasilitasi pasien dan keluarga untuk berkonsultasi setelah operasi melalui daring.
- Manfaat Yang Diperoleh
Berdasarkan waktu uji coba dan implementasiyang penulis lakukan, didapatkan banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh pasien dan keluarga yaitu pasien dan keluarga tidak pernah lagi telat untuk kontrol setelah operasi, keluarga dan pasien dapat berkonsultasi dengan petugas kesehatan melalui wa dan telp saja.
- Hasil Inovasi
Hasil dari inovasi ini yaitu dari 250 pasien yang telah melakukan operasi dari periode juni 2020 – agustus 2020, sebanyak (250) 100 % tidak ada mengalami infeksi luka post op (ILO),. Sementara untuk kepuasan pasien, hampir semua pasien 99 % merasa puas dengan adanya inovasi ini sehingga pasien dan keluarga keluarga tidak pernah lagi telat untuk kontrol setelah operasi dan keluarga dan pasien juga dapat berkonsultasi dengan petugas kesehatan melalui daring.
- Waktu Uji coba Inovasi Daerah
05 mei 2020
- Waktu Inovasi
08 juni 2020
- Anggaran
-
- Profil Bisnis
-
- Kematangan
2. INDIKATOR INOVASI
|
INDIKATOR SPD |
|
BUKTI DUKUNG |
|
Regulasi Inovasi Daerah |
Perkada
|
Penetapan Inovasi Daerah dan Tim Pengelola Inovasi daerah pada RSUD M. Natsir Provinsi Sumatera Barat |
|
Ketersediaan SDM Terhadap Inovasi Daerah
|
Lebih dari 31 keatas |
SK TIM SEHATI, PEMBERLAKUAN INOVASI SEHATI |
|
Dukungan Anggaran
|
Anggaran untuk kegiatan inovasi dalam tahapan sudah dilaksanakan dan sudah di evaluasi
|
RBA RSUD M. NATSIR 2018, RBA RSUD M. NATSIR 2019, ANGGARAN TELAH TERSEDIA |
|
Penggunaan IT
|
Pelaksanaan kerja di lingkungan pemerintah daerah sudah didukung system informasi online/ daring
|
Inovasi menggunakan sistem |
|
Bimtek Inovasi
|
Pernah 3 tahun 9 Kali melakukan Bimtek
|
DOKUMEN-DOKUMEN INFORMASI LAYANAN TELAH ONLINE PADA WEBSITE MENU PPID DAN BISA DI DOWNLOAD OLEH UMUM |
|
Program Dan Kegiatan Di Renstra OPD
|
Pemerintah daerah sudah menuangkan pengembangan inovasi ke dalam Resntra dan telah dilaksanakan
|
Restra RSUD M. Natsir 2016-2021 |
|
Jejaring Inovasi Inovasi
|
hanya berjalan 1 OPD |
SPO kegiatan, inovasi untuk lingkup RSUD M. Natsir |
|
Replikasi - |
|
Tidak Tersedia |
|
Pedoman Teknis
|
Telah terdapat Pedoman Teknis dan dapat diakses secara online
|
DOKUMEN-DOKUMEN INFORMASI LAYANAN TELAH ONLINE PADA WEBSITE MENU PPID DAN BISA DI DOWNLOAD OLEH UMUM |
|
Pengelola Inovasi
|
ada pengelola dan Ditetapkan dengan SK kepala daerah
|
Penetapan Inovasi Daerah dan Tim Pengelola Inovasi daerah pada RSUD M. Natsir Provinsi Sumatera Barat |
|
Ketersediaan Informasi
|
Layanan informasi layanan dapat diakses secara online
|
DOKUMEN-DOKUMEN INFORMASI LAYANAN TELAH ONLINE PADA WEBSITE MENU PPID DAN BISA DI DOWNLOAD OLEH UMUM |
|
Penyelesaian Layanan Pengaduan
|
terdapat layanan pengaduan pengguna melalui "aplikasi pengaduan"
|
Aplikasi pengaduan pada website M. Natsir, SK TIM PENGADUAN |
|
Tingkat Partisipasi Stakeholder
|
inovasi dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan akademisi serta media massa
|
Keterlibatan masyarakat dalam peningkatan pelayanan RSMN, Keterlibatan masyarakat dalam peningkatan pelayanan RSMN dan media massa |
|
Kemudahan Informasi
|
Layanan layanan melalui aplikasi online DOKUMEN-VIDIO |
DOKUMEN IINFORMASI LAYANAN TELAH ONLINE PADA WEBSITE MENU PPID DAN BISA DI DOWNLOAD OLEH UMUM |
|
Kemudahan Proses Inovasi Yang Dihasilkan
|
Hasil inovasi dapat dilakukan dalam waktu hitungan 1-2 hari
|
kegiatan dilakukan dengan simple, pasti dan tepat |
|
Online Sistem
|
ada dukungan melalui perangkat web aplikasi dan aplikasi mobile (android atau ios)
|
Inovasi menggunakan sistem |
|
Kecepatan Inovasi
|
Proses inovasi dapat dilakukan dalam waktu hitungan 1-2 bulan
|
inovasi dapat dilakukan dalam waktu 1-2 bulan |
|
Kemanfaatan Inovasi
|
hasil manfaatnya dirasakan diatas 201 orang ketas
|
penikmat inofasi lebih dari 201 orang , |
|
Tingkat Kepuasan penggunaan inovasi daerah
|
hasil pengukuran kepuasaan pengguna dari hasil penelitian
|
SKM RSMN oleh LPPM Universitas ANDALAS |
|
Sosialisasi Kebijakan
|
Ada Foto |
Kegiatan inovasi SEPEDA PAPI
|
|
Kualitas Inovasi Daerah |
Ada Upload Video |
Video Inovasi SEPEDA PAPI |
Mulai | Saturday, 02 January 2021 |
---|---|
Selesai | Tuesday, 17 August 2021 |
Lokasi | Solok |