Segera, Peletakan Batu Pertama Mesjid Al Mustasyfa
Tuesday, 08 January 2019 11 Deswira Umar

Lokasi Pembangunan Mesjid Al Mustasyfa RSUD Mohammad Natsir (Foto : Ayu Cacen)

 

Jika tidak ada aral melintang, bersamaan dengan peresmian nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mohammad Natsir, pada 23 Januari 2019 nanti akan diresmikan pula dimulainya pembangunan mesjid Al Mustasyfa oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno.

Segala perisapan untuk memulai pembangunan sudah dilakukan. Pada Sabtu (5/1) yang lalu dilakukan gotoroyong (goro) pembersihan lokasi. Puluhan pegawai bersama petugas cleaning service dan Satuan Pengamanan (Satpam), di bawah koordinasi Kepala Bagian Tata Usaha Herman T, S.H MM melakukan goro pembersihan lokasi.

“Kita mengagendakan peletakan batu pertama mesjid oleh gubernur, bersamaan dengan peresmian nama rumah sakit,” kata Herman T, S.H MM dalam kapasitas sebagai Ketua Pembangunan Mesjid RSUD Mohammad Natsir.

Dikatakan, mesjid yang diberi nama Al Mustasyfa itu, adalah sebuah kebutuhan untuk rumah sakit. Sebelumnya RSUD Solok sudah punya mushalla, namun karena adanya pembangunan gedung baru, mushalla tersebut dirobohkan. “Karena itu, pembangunan mesjid ini harus segera kita lakukan,” ujar Herman T.

Berkenaan dengan persiapan pembangunan tersebut, saat ini, kata Herman T, telah tersedia dana sebesar Rp 160 juta, hasil infaq dan sedekah karyawan/karyawati rumah sakit itu. “Sampai selesai diperkirakan akan menghabiskan dana mencapai Rp 2 miliar,” sebutnya sambil mengatakan  pihaknya masih menerima infaq dan sedekah kaum muslimin dan para dermawan.

Dikatakan, mesjid yang akan dibangun terdiri dari dua lantai, dengan ukuran 18 x 18 meter. Lantai dasar diperuntukkan untuk parkir dan ruang istirahat keluarga pasien. Sedangkan lantai dua untuk mesjid.

Sementara itu, salah seorang petugas kerohanian RSUD Mohammad Natsir, Fauzan, S.Sos I mengatakan, untuk sementara aktifitas peribadatan menggunakan ruang darurat. “Ada mushalla darurat yang bisa menampung sekitar lima puluh jamaah,” katanya sambil berharap mesjid yang akan dibangun itu segera selesai dan bisa dimanfaatkan. (te)