Pengabdian Masyarakat, Bagian dari PKRS
Saturday, 25 May 2019 364 Deswira Umar

Para Masyarakat Lansia saat mendengarkan penyuluhan kesehatan (Foto:Ovy)

 

Tidak hanya penyuluhan kesehatan di poliklinik saja, bahkan pengabdian masyarakat--misalnya dengan mengunjungi komunitas-komuntas--termasuk bagian dari Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).

Demikian pula halnya dengan PKRS RSUD Mohammad Natsir, selain melakukan kegiatan di dalam gedung juga kerap menggelar kegiatan diuar gedung.

"Kita melakukan promosi kesehatan tidak hanya di poliklinik saja, atau di dalam gedung. Bahkan di luar gedung pun kita lakukan upaya promosi kesehatan ini," ujar staf PKRS Kabupaten Solok Indra Asmar didampingi Miranda Permata Sari dan Bovy Samaratullaini.

Untuk kegiatan di dalam gedung, imbuh Indra Asmar, paling tidak sekali sepekan ada penyuluhan kesehatan di poliklinik. "Sedangkan untuk luar gedung. Tim PKRS dengan dokter spesialis terkait mengunjungi komunitas tertentu untuk memberikan penyuluhan kesehatan," ujarnya.

Adapun komunitas yang dikunjungi adalah komunitas spesifik. "Misalnya komunitas lansia, kita kunjungi mereka untuk memberikan penyuluhan kesehatan sesuai yang sering menjadi keluhan mereka, yakni hal-hal yang terkait dengan keluhan para lansia," tambah Miranda Permata Sari.

Ke depan, menurut tim PKRS tersebut, upaya promosi kesehatan akan diagendakan dengan lebih sempurna lagi. Yakni dengan mengupayakan seluruh poliklinik terjadwalkan untuk menjadi tempat dan tema acara. Bahkan promosi kesehatan luar gedung pun akan ditingkatkan, dengan menemui komunitas seperti anak-anak, remaja, dan lansia. Selain merupakan bagian dari promosi kesehatan, sebenarnya juga menjadi bagian dari promosi rumah sakit. (te)




Berita Terkait