Libur Lebaran, Pelayanan Terpusat di IGD
Wednesday, 29 May 2019 492 Deswira Umar

Wawancara Direktur RSUD M. Natsir drg. Basyir Busnia dengan salah seorang Team Web Room (Foto: Ovy)

 

Meskipun libur lebaran, namun pelayanan di RSUD Mohammad Natsir (RSUDMN) tetap buka. "Selama libur lebaran, pelayanan tetap jalan," kata Direktur RSUDMN drg Basyir Busnia.

Ditemui di ruang kerjanya, kepada Miranda Permata Sari salah seorang team web room Basyir Busnia menegaskan pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah hal dalam rangka pelayanan selama libur lebaran. Antara lain berkenaan dengan pemusatan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD), serta pengaturan petugas selama libur lebaran (1-9 Juni 2019).

"Perencanaan dan persiapan pelayanan untuk libur lebaran sudah kita matangkan. Intinya, semua pelayanan ditampung di IGD. Selama 24 jam, nonstop. Tetapi diprioritaskan untuk kejadian gawat darurat," tutur Basyir Busnia.

Ditambahkan, bagi pasien yang sedang rawat jalan dengan penyakit kronis yang memerlukan obat atau kontrol ulang di masa libur lebaran, dapat dilakukan di IGD. Sedangkan untuk pasien baru, terutama yang ditanggung BPJS, harus menggunakan fasilitas kesehatan (faskes) dasar (Puskesmas atau Dokter Keluarga).

"Jadi poliklinik selama libur lebaran tidak dibuka. Kalau ada yang perlu kontrol ulang atau memerlulan obat, kita layani di IGD," ujar Basyir Busnia.

Untuk itu, imbuh Basyir Busnia, sudah disiapkan tenaga, terdiri dari dokter spesialis (on Call), dokter jaga (dokter umum), perawat, bidan, apoteker, rekam medis, laboratorium, dan penunjang lainnya. (te)




Berita Terkait