Gema Cermat Farmasi
Saturday, 15 June 2019 367 Deswira Umar

Gema Cermat, Cara Cerdas Memilih Obat

Obat adalah zat kimia yang tentu saja punya efek pula secara kimiawi manakala sudah bereaksi di dalam tubuh. Karena itu, penggunaan obat mestilah secermat mungkin.

Dalam rangka memberikan pemahaman terhadap masyarakat, maka pada Kamis (13/6), para pasien dan pengunjung Poliklinik Geriatri, di Lt 1 Gedung Pusako RSUD Mohammad Natsir (RSUDMN) mendapat penyuluhan gratis dari pakar farmasi rumah sakit ini, Musliadi, S.Farm, Apt.

Penyuluhan dengan tema Gema Cermat alias 'Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat' ini digelar oleh instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).

Dikatakab, obat merupakan zat yang digunakan untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan dan peningkatan kesehatan bagi penggunanya.

"Setiap obat punya manfaat, namun juga mempunyai efek samping yang merugikan. Oleh karena itu, gunakanlah obat sesuai dengan aturan pakai," ujar Musliadi.

Oleh sebab itu, Musliadi mengingatkan bahwa obat yang dikonsumsi dengan dosis dan cara yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Karena itu, dengan gerakan Gema Cermat, masyarakat diharapkan mempertanyakan lima hal saat memperoleh obat. Yakni; 1) Obat ini apa nama dan kandungannya, 2) Obat ini apa indikasi/khasiatnya, 3) Obat ini berapa dosisnya, 4) Obat ini bagaimana cara menggunakannya, dan 5) Obat ini apa efek sampingnya.

Selain itu, dianjurkan pula untuk membaca informasi pada kemasan obat antara lain; 1) Komposisi : Kandungan obat yang berkhasiat dalam pengobatan, 2) Indikasi : Manfaat atau khasiat obat, 3) Dosis dan cara pakai : Takaran dan cara pakai yang dapat memberikan efek pengobatan, 4) Efek samping : Efek dari obat yang merugikan, 5) Kontra indikasi : Kondisi tertentu yang menyebabkan obat tersebut tidak boleh digunakan, 6) Tanggal kadaluarsa : Waktu (bulan dan tahun) terakhir obat masih dapat digunakan dengan aman.

Musliadi juga menjelaskan tentang penyimpanan obat. "Baca aturan penyimpanan obat pada kemasan.  Jauhkan dari jangkauan anak. Jauhkan dari sinar matahari langsung/lembab/ suhu tinggi dan sebagainya. Simpan dalam kemasan asli dan dengan etiket yang masih lengkap. Periksa tanggal Kedaluwarsa dan kondisi obat. Dan, kunci lemari penyimpanan obat," pungkasnya




Berita Terkait