Pentingnya Olahraga
Monday, 02 September 2019 300 Deswira Umar

Olahraga merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Olahraga dapat dilakukan oleh siapapun baik orang dewasa maupun anak-anak untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun kita berada. Dengan berolahraga secara teratur selama 30 menit tubuh akan terasa lebih segara dan tidak mudah lelah dalam melaksanakan segala aktivitas.

Manfaat olahraga :

1. Menyehatkan dan menyegarkan tubuh

Ketika sedang berolahraga pasti kita akan membuang energi berupa keringat. Kemudian keringat itu akan digantikan oleh energi baru. Energi baru ini muncul dari makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi setelah beberapa menit berolahraga. Dengan itu tubuh akan lebih segar selama menjalankan kegiatan-kegiatan.

2. Berolahraga dapat membantu proses diet

Olahraga merupakan cara yang paling mudah, murah, dan sehat untuk membantu dalam proses diet. Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak ketika kita sedang beristirahat. Tetapi pembakaran kalori tidak hanya terjadi ketika berada dalam kondisi beristirahat, tetapi ketika kita berolahraga juga membakar kalori.

3. Berolahraga melawan penyakit

Olahraga dapat mencegah penyakit-penyakit, seperti stroke, kolesterol, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit lainnya. Memiliki kadar kolesterol tinggi dapat menimbulkan penyakit lainnya, seperti serangan jantung dan stroke. Untuk mencegah dan melawan penyakit itu dapat dilakukan dengan berjalan kaki.

 

4. Meningkatkan fungsi otak

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan konsentrasi kita, sehingga dalam menjalankan kegiatan-kegiatan kita tidak mudah lelah dan lebih konsentrasi.

 

5. Olahraga menunda proses penuaan

Olahraga mencegah perubahan tubuh yang pasti dialami oleh setiap manusia, seperti keriput. Dengan berolahraga secara teratur maka membantu dan mencegah kerutan-kerutan yang menyebabkan kuliat menjadi keriput.

6. Olahraga meningkatkan energi

Cara ini sangat penting. Dengan berolahraga juga dapat meningkatkan energi pada tubuh. Olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina yang lebih tinggi dengan berlari atau jogging.

 

Macam – macam olahraga dan manfaatnya

1.    Joging

Joging adalan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan,kebugaran,dan stamina.

2. Aerobik

Aerobik ialah merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini,semua orang dari segala usia berlatih aerobik dan kegiatannya tidak tidak hanya dilakukan di pusat pusat kebugaran saja tapi fasilitas umum yang biasa mengadakan senam massal juga banyak diminati.

3. Renang

Renang adalah suatu olahraga yang mempunyai manfaat besar, manfaat renang selain untuk kebugaran dan kesehatan fisik juga untuk menenangkan pikiran yang sedang gundah atau stress.