Ini Anjuran Diet Untuk Pasien Vertigo
Friday, 27 March 2020 2,307 Deswira Umar

Vertigo, sering juga disebut pusing yang berputar, adalah kondisi dimana seseorang merasa pusing disertai berputar atau seolah-olah terlihat benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai mual dan kehilangan keseimbangan.

Untuk menghindari vertigo, terutama bagi para lanjut usia (lansia), ahli gizi Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Natsir (RSMN), Fitria Nia, Amd.Gz, mengatakan kebutuhan gizi lansia sangat spesifik, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang cukup dan seimbang.

Adapun anjuran makanan untuk penderita vertigo adalah dengan memberikan makanan dalam bentuk makanan mudah cerna. Tidak memberikan makanan yang merangsang, seperti terlalu pedas dan terlalu asin.

"Membatasi makanan tinggi natrium, berpengaruh terhadap tekanan darah. Dan memberikan makanan rendah lemak," ujar Fitria Nia.

Untuk para lansia, vertigo dapat dihindari dengan menerapkan gizi seimbang. Yakni dengan mengkosumsi makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah (5 porsi perhari). Makan makanan untuk memenuhi kecukupan energi.

"Lansia dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula sederhana seperti gula pasir. Batasi konsumsi minyak dan lemak," imbuh Fitria Nia.

Fitria Nia juga menganjurkan supaya para lansia memgkosumsi makanan sumber zat besi, seperti; daging, hati dan sayuran hijau. Biasakan makan pagi. Serta minum air putih dan cukup jumlahnya.

"Lansia juga dianjurkan melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur. Tidak minum alkohol  dan cermat membaca label makanan," pungkasnya.




Berita Terkait