Lawan Corona, RSMN Berlakukan Skrining
Friday, 03 April 2020 294 Deswira Umar

Pasca ditetapkan sebagai Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar), Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Natsir (RSMN) melakukan skrining terhadap pasien dan pengunjung.

Menurut Kasubag Umum, Humas dan Promkes RSMN, Dewi Novia Santi, skrining itu dilakukan di pintu masuk pasien dan pengunjung. "Jadi kita pakai satu pintu masuk. Di situ semua pasien dan pengunjung di skrining," kata Dewi.

Selain diukur suhu tubuh, para pasien dan pengunjung disemprot disinfektan. "Bahkan di pintu masuk itu juga langsung kita lakukan registrasi pasien," imbuh Dewi.

Untuk itu, setiap hari di pintu masuk, pasien dan pengunjung dilayani oleh empat orang petugas. Seorang mencatat registrasi, seorang petugas mengukur suhu, seorang menyemprot disinfektan dan seorang memberi stempel pada tangan tiap pasien atau pengunjung yang tiba di rumah sakit milik Pemprov Sumbar itu.

Selain melakukan skrining, RSMN juga memberlakukan wajib memakai masker bagi petugas yang berhadapan dengan pasien atau pengunjung.

"Kita harus hati-hati, supaya petugas aman dari penularan virus ini," ungkap staf Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSMN, Martalena.

Untuk itu, Alat Pelindung Diri (APD) selalu menjadi prioritas. "Bahkan petugas skrining pun kita lengkapi dengan APD," pungkas Martalena.




Berita Terkait