“CERDIK PANDAI” Mengatasi Sillent Killer (STROKE)
Friday, 11 September 2020 248 Deswira Umar

Pada tanggal 13 Januari 2020 pada pukul 09.00 sampai 10.30 yang lalu diadakan Penyuluhan tentang Perilaku “CERDIK PANDAI” Mengatasi Sillent Killer (STROKE) yang bertempat di ruang tunggu poliklinik RSMN,

Penyuluhan oleh Ns. Sulyantini, S. Kep. dari Perawat Neurologi ini ditujukan kepada pasien dan pengunjung di Instalasi rehabilitasi medik RSUD M. Natsir

Stroke merupakan kondisi terhambatnya aliran darah ke otak akibat sumbatan atau pendarahan yang menimbulkan gejala sesuai bagian otak yang terserang.

Dampak stroke dapat bersifat meluas dan berlangsung lama. Stroke dengan Hemiparese dapat mengakibatkan penderita mengalami kelemahan pada anggota gerak. Untuk dapat benar-benar pulih, penderita harus melakukan rehabilitasi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Namun, sebagian besar penderita stroke sangat sulit untuk bisa pulih sepenuhnya. Proses rehabilitasi tergantung pada gejala yang dialami dan seberapa parah gejala tersebut.

Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan peran serta aktif dari keluarga untuk membantu pemulihanpenderita stroke dengan hemiparese dengan melatih gerak ROM (Range of Motion) baik secara aktif maupun pasif. Gerakan ini dapat dilakukan oleh keluarga dan pasien stroke secara mandiri di rumah.

Adapun kepanjangan dari CERDIK PANDAI adalah Cek Kesehatan secara berkala,Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola Stres. Serta Posisi Tubuh Terlentang, Ada/ Tidak Pembengkakan pada Sendi, Nyeri pada Persendian Ada/ Tidak, Didampingi Perawat/ Keluarga, Aktivitas Latihan ROM Aktif atau ROM Pasif, dan Ikuti latihan ROM secara Teratur.

 

Salam sehat ! Semangat sehat !

PKRS Team J

 

 

 




Berita Terkait