Ahli Gizi, Gunakan Alat Komunikasi Baru dalam memberikan edukasi gizi
Friday, 11 September 2020 870 Deswira Umar

Penggunaan Media Buletin, sebagai alat komunikasi baru dalam menyampaikan informasi mengenai nutrisi enteral pada pasien yang dirawat dengan memasang slang NGT di RSUD M Natsir.

Fitri Nia, A.Md, Gz sebagai ahli gizi di RSUD M Natsir Solok mempunyai inovasi yaitu “INFO GENETIK (Informasi Gizi Tentang Nutrisi Enteral dan Kegunaannya). Pembuatan inovasi ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya informasi kesehatan yang di dapatkan oleh pasien dan keluarga pasien mengenai nutrisi enteral, dan belum mandirinya keluarga dalam melakukan perawatan khususnya mengenai makan pasien.

Kegiatan ini direalisasikan dari bulan oktober sampai desember 2019 di ruang rawat inap RSUD M. Natsir Solok

Kegiatan edukasi ini dilakukan diruang rawat inap pasien dan mendapatkan nutrisi melalui slang NGT (Naso Gastric Tube)

Malnutrisi merupakan salah satu masalah gizi yang sangat rentan terjadi pada pasien yang mendapatkan makanan secara enteral. Pasien yang mendapatkan nutrisi secara enteral adalah pasien dengan penurunan tingkat kesadaran, tidak mampu makan sendiri, risiko aspirasi akibat disfagia, bahkan penyakit komplikasi. Meskipun angka pemberian makanan secara enteral dirumah sakit terbilang rendah sebesar 7,7 % pada tahun 2019.

Kurangnya pengetahuan keluarga tentang pemberian makanan secara enteral membuat keluarga khawatir terhadap asupan yang diterima oleh pasien sehingga perlunya media yang memungkinkan keluarga pasien mengerti dan paham pemberian makanan pasien dirumah sakit dilakukan secara bertahap berdasarkan kondisi pasien dalam menerima makanan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah membuat suatu inovasi yang dapat memudahkan pasien mudah dalam menerima informasi kesehatan.  

Inovasi INFO GENETIK adalah inovasi yang memberikan informasi kepada kelurga pasien dan pengunjung rumah sakit secara kompleks dan tertulis melalui media cetak buletin yang dibuat oleh Ahli Gizi Rumah Sakit sebagai penangung jawab dalam pemberian makanan pasien dibawah pengawasan dokter.

Program Info Genetik adalah strategi dalam memberikan informasi secara menyeluruh yang difasilitasi oleh POKJA MKE sebagai fasilitator dalam penyampaian informasi dilingkungan rumah sakit.

 

Salam sehat ! Semangat sehat !

PKRS Team J

 

 

 




Berita Terkait