INOVASI “SEPATU PUCAT” (Senam Nifas Bantu Pulih Cepat Sehat)
Friday, 11 September 2020 1,523 Deswira Umar

INOVASI “SEPATU PUCAT” (Senam Nifas Bantu Pulih Cepat Sehat) dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Post Partum di Ruang Kebidanan RSUD M Natsir Solok.

inovasi “SEPATU PUCAT” (Senam Nifas Bantu Pulih Cepat Sehat),  hadir dengan tujuan dapat mengurangi permasalahan yang sering ditemukan di ruang kebidanan RSUD M Natsir. Inovasi ini berupa Senam yang dilakukan setelah 6 jam persalinan normal dan 8 jam setelah persalinan SC dilakukan di rumah sakit dan dilakukan secara mandiri oleh pasien dirumah di rumah dengan diberikan panduan berupa Buku saku, leaflet serta video tentang senam nifas.

 

Kegiatan ini dilakukan di ruang kebidanan RSUD M Natsir bersama YUSRI YUNITA, S.Tr.Keb ( Bidan RSUD M Natsir), Senam diajarkan kepada pasien nifas yang dirawat di ruangan kebidanan RSUD M Natsir ( pasien setelah bersalin normal dan pasien setelah bersalin secara SC/Operasi)

Karna banyaknya keluhan yang dialami oleh ibu setelah bersalin seperti :

Nyeri pasca bersalin baik nyeri pada luka episiotomy maupun nyeri pada bekas luka operasi Ceacar

Keluhan kembung karna kurang bergerak/mobilisasi dini pada ibu pasca bersalin

Penyembuhan luka operasi yang lebih lama

Pemulihan ibu pasca bersalin lebih lama

Pengeluaran Lochea/darah nifas yang kurang lancer

Mengatasi masalah yang sering ditemukan tersebut dihadirkanlah sebuah inovasi SEPATU PUCAT (Senam Nifas Bantu Pulih Cepat Sehat) dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Post Partum di Ruang Kebidanan RSUD M Natsir Solok. Dimana pasien pasca bersalin diajarkan Senam Nifas ( 6 jam pasca bersalin basi pasien yang melahirkan normal, dan 8 jam pasca bersalin bagi ibu yang melahirkan secara operasi/SC ) kemudian senam ini dilanjutkan secara mandiri dirumah oleh pasien dengan diberikan panduan berupa buku saku senam nifas dan leaflet senam nifas serta video senam nifas.

 




Berita Terkait