SIMRS RSMN, Ini Yang Mereka Kerjakan
Friday, 11 June 2021 48 Deswira Umar

Semua yang menyangkut sistem informasi di Rumah Sakit Mohammad Natsir (RSMN) menjadi tanggungjawab instalasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS) RSMN.

"Ini cakupan cukup luas. Mulai dari jaringan, aplikasi & program dan maintenance peralatan termasuk dalam tanggungjawab SIMRS," ujar Kepala Instalasi SIMRS, Mirantie Prima Surya.

Dalam hal jaringan, SIMRS telah mengcover seluruh unit di rumah sakit milik Pemprov Sumbar ini. "Semua unit, seperti bangsal, poliklinik, apotik, dan manajemen  serta semua unit pendukung sudah tersambung dalam jaringan. Baik online maupun offline," tukuk Mirantie.

Dikatakan, dalam hal jaringan online, pihaknya menggunakan jasa vendor lokal untuk penyewaan bandwidth. "Harganya cukup bersaing. Dan yang penting, kita didukung penuh untuk tanggap cepat gangguan," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang staf bagian jaringan di SIMRS, Nofriadi, mengatakan, networking yang telah dibangun di RSMN, baik berkabel maupun nirkabel sudah mampu melayani kebutuhan rumah sakit. "Dan setiap saat selalu kita pantau, supaya pemanfaatannya efektif," ujar Nofriadi.

Dalam hal peralatan, seperti komputer dan perangkatnya, SIMRS juga melayani perbaikan dan pemeliharaan. Ada petugas SIMRS yang ahli memperbaiki komputer.

"Setiap hari selalu saja ada komputer atau printer yang kita perbaiki," ujar staf bagian maintenance, Ari Primadona.

Terhadap penanganan tupoksi SIMRS itu, menurut Mirantie Prima Surya, meskipun dari sudut jumlah petugas di instalasi itu masih kurang. "Tapi kita berupaya memaksimalkannya," pungkas Mirantie. (te)