Pangdam I/BB Bantu 10 Tabung Oksigen untuk RSMN
Friday, 13 August 2021 279 Deswira Umar

Panglima Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hasanudin, SIP MM menyerahkan 10 tabung Oksigen (O2) untuk Rumah Sakit Umum Mohammad Natsir (RSMN), Rabu (11/8).

Sementara berkenaan dengan kekurangan Oksigen, Hasanudin berjanji akan mengupayakannya dari daerah lain.

Wakil Direktur (Wadir) SDM & Umum RSMN dr H Elfahmi, Sp THT, kepada Webroom, Jumat (13/8) mengatakan kedatangan rombongan Pangdam I/BB memang dalam rangka meninjau langsung penanganan Covid-19 di daerah.Turut mendampingi Panglima, Walikota Solok Zul Elfian, serta sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Sementara dari RSMN, rombongan diterima Elfahmi, didampingi sejumlah pejabat struktural dan fungsional lainnya.

"Kita termasuk salah satu rumah sakit yang dikunjungi," ujar Elfahmi.

Elfahmi menyebutkan, pada kesempatan itu dia juga melaporkan kondisi penanganan covid-19 di RSMN. Antara lain perlunya tambahan ruangan rawatan dan ketersediaan tempat tidur.

Dia juga melaporkan adanya tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar covid-19 itu.

"Sampai saat ini, akibat pandemi sudah terdapat sekitar 160 orang nakes rsmn yang terkonfirmasi positif. Atau sebanyak 22 persen.  Dilaporkan pula, dalam penanganan covid-19, ada tiga hal yang dilakukan. Yakni tersedianya SDM yang cukup, baik dokter spesialis maupun perawat dan tenaga penunjang lainnya.

Yang kedua ketersediaan tempat tidur. "Saat ini sudah tersedia satu gedung khusus covid-19, dengan 24 tempat tidur.

"Kita sedang menyiapkan satu gedung lagi, dengan kapasitas 24 tempat tidur," kata Elfahmi.

Berkenaan dengan sarana prasarana, yang menjadi persoalan adalah ketersediaan oksigen yang terbatas.

"Jumlah kebutuhan sehari sebanyak 130 - 150 tabung, sedangkan pasokan yang didapat hanya sekitar 50 - 80 tabung," pungkas Elfahmi. (te)




Berita Terkait