Antisipasi Paparan Radioaktif, Tim Inovasi RSMN Bikin Program PERAY
Wednesday, 15 September 2021 19 Deswira Umar

Untuk menghindari paparan radioaktif, Tim Inovasi Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Natsir (RSMN) membuat program “PERAY” (Pelayanan Radiologi Safety).

Ini merupakan sebuah program sosialisasi nilai paparan radiasi melalui pembuatan denah ruangan Instalasi RIR (Radiodiagnostik, Imaging dan Radiologi Intervensional) di RSMN. "Program Peray ini berisi informasi nilai paparan radiasi dan arae/zona akses khusus di Instalasi Radiologi RSMN," ujar Muhammad Khaidir Alim Darwis, S.Si, salah seorang anggota tim yang membidani program "Peray" kepada Webroom, Selasa (14/9).

Dikatakan, program itu sudah disosialisasikan kepada seluruh petugas RSMN, termasuk kepada mahasisiwa yang melaksanakan PKL serta kepada pengunjung Instalasi Radiologi, baik pengunjung yang berstatus sebagai pasien, keluarga/pendamping pasien ataupun pengunjung lainnya.

Menurut Muhammad Khaidir Alim Darwis, data nilai paparan radiasi pada denah ruangan Instalasi RIR RSMN akan segera diperbaharui oleh petugas setelah setiap petugas selesai melakukan pengukuran paparan radiasi, sehingga pengunjung dapat dengan segera mengakses informasi nilai paparan radiasi yang terbaru di Instalasi Radiologi.

Adapun denah ruangan Instalasi RIR RSMN ditempatkan di Instalasi Radiologi, dekat dengan meja resepsionis. Selain itu denah ruangan Instalasi RIR RSMN juga telah tersedia di laman website RSMN, www.rsudmnatsir.sumbarprov.go.id.

Disebutkan, sosialisasi nilai paparan radiasi dan arae/zona akses khusus di Instalasi Radiologi RSMN dilakukan agar tercapainya visi keselamatan radiasi maksimal.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan petugas RSMN, mahasiswa PKL maupun pengunjung Instalasi Radiologi mengetahui batas area/zona yang boleh diakses serta mengetahui besar nilai paparan radiasi di Instalasi Radiologi RSMN," tukuk Muhammad Khaidir Alim Darwis.

Dijelaskan, dengan adanya informasi tersebut, diharapkan memberikan dampak rasa aman kepada semuanya selama berada di area Instalasi Radiologi RSMN.