6 Buah yang Memiliki Manfaat Lebih untuk Kesehatan
Tuesday, 18 December 2018 1,045 Deswira Umar

Buah banyak digemari karena selain sumber serat, vitamin, dan mineral, juga punya rasa yang segar. Kita butuh makan buah yang beragam setiap harinya, agar semakin banyak zat gizi yang didapatkan. Pasalnya, setiap buah punya kandungan gizi dan manfaat untuk kesehatan yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar buah yang sebaiknya rutin kita konsumsi, karena termasuk buah-buahan yang paling sehat. Apa saja?

1. Buah apel, membantu penurunan berat badan

 Apel adalah salah satu buah yang diandalkan ketika orang sedang berdiet. Apel mengandung banyak serat, sehingga bisa membuat kenyang cukup lama. Selain itu, apel juga rendah kalori jadi tidak usah khawatir asupan kalori akan melonjak. Makan buah apel juga baik untuk otak serta jantung. Beberapa studi menyatakan bahwa apel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar kolesterol agar tetap normal. Buah apel juga mengandung flavonoid yang dapat mencegah demensia yang kerap kali menyerang orang lanjut usia.

2. Nanas, ampuh untuk cegah peradangan

Rasanya yang asam manis, membuat buah ini cocok untuk hidangan penutup setelah makan, atau dijadikan camilan sehat di siang hari. Tak hanya rasanya yang enak, buah ini ternyata mengandung zat antiradang yang cukup tinggi dan bisa bikin kita lebih kebal terhadap penyakit infeksi. Selain itu, nanas juga punya enzim yang bisa menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung.

3. Buah mangga, mendorong sistem imun

 Buah mangga ternyata punya kandungan beta-karoten yang tinggi. Di dalam tubuh, zat ini akan berubah menjadi vitamin A yang memiliki manfaat bagi kesehatan tulang serta sistem imun. Tak hanya itu, kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga membuat mangga diunggulkan sebagai salah satu buah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kadar trombosit turun? Coba makan buah jambu biji

 Jambu biji sudah terkenal jadi salah satu makanan untuk membantu penyembuhan demam berdarah, karena katanya buah ini bisa bantu menaikkan kadar trombosit. Beberapa penelitian sudah membuktikan hal ini. Memang, jambu biji memiliki suatu zat yang bisa merangsang produksi trombosit, jadi baik bagi untuk memulihkan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C jambu biji sangat tinggi, yaitu sekitar 90 mg per 100 gram buah.

5. Buah delima yang kaya antioksidan

Bukan cuma teh hijau yang kandungan anti oksidannya yang tinggi, buah delima juga kaya akan antioksidan. Jumlah antioksidan yang dimiliki buah merah ini lebih tinggi dari teh hijau yang bisa bikin tetap awet muda. Ya, antioksidan ampuh mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh yang merupakan penyebab kerusakan sel-sel, termasuk sel kulit.

6. Lapar di siang hari? Makan buah pisang solusinya

Kita bisa mengandalkan pisang sebagai salah satu sumber karbohidrat tanpa takut gemuk. Ya, si kuning ini punya kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi, jadi bisa membuat kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga punya mineral kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Jadi, kalau terasa lapar siang hari dan mau ngemil, kamu bisa makan buah pisang.

 




Berita Terkait