Dalami Tentang Akreditasi, RSUD Padang Pariaman Studi Tiru ke RSMN
Thursday, 05 March 2020 58 Deswira Umar

Sebanyak 36 karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman, di bawah pimpinan Direktur dr. Rismawati R, M. Biomed, Sp.PA, melakukan Studi Tiru tentang akreditasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Natsir (RSMN), Selasa (3/3).

Disambut langsung Direktur RSMN drg Basyir Busnia, didampingi Wakil Direktur SDM dan Umum yang juga adalah Ketua Tim Akreditasi RSMN dr Elfahmi, Sp. THT, para karyawan RSUD Padang Pariaman itu langsung berdiskusi dengan tiap-tiap Kelompok Kerja (Pokja) Akreditasi.

Basyir Busnia mengatakan, RSMN menerima secara terbuka kunjungan dari RSUD Padang Pariaman. "Kita semua sama-sama belajar untuk menjadi yang terbaik dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dan keluarga pasien. Semoga dengan saling berbagi pengalaman tentang akreditasi ini, RSUD Padang Pariaman bisa meraih capaian yang sama dengan RSMN," ujarnya.

Sementara Ketua Tim Akreditasi RSMN Elfahmi, memberikan masukan dan trik-trik khusus untuk menghadapi akreditasi. Antara lain perlu dilakukan sosialisasi oleh masing-masing Pokja, pada setiap kesempatan,"Misalnya saat apel pagi setiap hari, sehingga semua staf rumah sakit terpapar dengan akreditasi," kata Elfahmi.

Dia juga mengingatkan supaya masing-masing Pokja aktif berkoordinasi dengan semua unit terkait, untuk mengumpulkan semua dokumen sesuai kebutuhan masing-masing pokja.

"Intinya, pokja tidak bisa bekerja sendiri, semua staf rumah sakit harus berkomitmen penuh untuk persiapan dan pelaksanaan akreditasi. Kesiapan sarana dan prasarana, serta kesiapan petugas di lapangan karena surveyor lebih banyak melakukan survey lapangan," pungkasnya.

Atas sambutan RSMN, Direktur RSUD Padang Pariaman Rismawati R, memberikan apresiasi karena telah mencapai akreditasi paripurna. "Kami pun berharap bisa mendapatkan capaian yang sama dengan RSMN pada tahun 2020 ini," ujar Rismawati.