PELAYANAN PATOLOGI ANATOMIK
Tuesday, 14 August 2018 541 Deswira Umar

Mulai pekan ini, labor Patologi Anatomi (PA) di RSU Solok segera difungsikan.  Demikian disampaikan Wakil Direktur Pelayanan RSU Solok  drg.Basyir Busnia. “Terhitung Rabu, tanggal 15 Agustus 2018, pelayanan pemeriksaan laboratorium patologi anatomi sudah bisa dilakukan,” katanya.

Adapun jenis pelayanan yang bisa diberikan kata dr. Santy Saberko, Sp.PA, M. Biomed pada kesempatan apel pagi ini Selasa, 14 Agustus 2018 adalah untuk histopatologi (penerimaan sampel jaringan dilayani dari Senin hingga Sabtu), dan sitologi. Untuk sitologi, dapat dilayani pemeriksaan bajah (Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu), penerimaan sampel sputum (Senin sampai Sabtu), penerimaan sampel sikatan (Senin sampai Sabtu), penerimaan sampel cairan (Senin sampai Sabtu), dan penerimaan slide papsmear (Senin sampai Sabtu).

Dengan berfungsinya pelayanan PA ini, maka RSU Solok semakin mengukuhkan dirinya sebagai rumah sakit tipe B dengan pemenuhan standar rumah sakit sebagai mana diatur dalam Permenkes Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klarifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

“Secara bertahap, peralatan labor PA ini akan kita lengkapi, sehingga jenis pelayanannya juga bertambah,” kata Kabid Penunjang RSU Solok, Mirja Alfitra, SKM,MM.  Ia juga mengatakan bahwa labor PA ini sedang dipersiapkan untuk menjadi instalasi tersendiri. (te)




Berita Terkait