RSUD M NATSIR hadirkan LASA untuk mengurangi waktu tunggu obat
Monday, 14 September 2020 260 Deswira Umar

LASA “Look Alike Sound Alike”, Inovasi ini dilakukan berdasarkan lamanya waktu tunggu obat yang terjadi karena kesalahan pengemasan obat.

Karena banyaknya obat/sedian farmasi yang terlihat sama atau terdengar sama satu sama lain.

Metode lasa diterapkan dengan cara penekanan warna dan besar huruf yang berbeda pada obat-obat yang masuk dalam daftar lasa.

              Waktu tunggu obat jadi di instalasi farmasi rawat jalan RSUD M.NATSIR solok lebih dari 30 menit. Hal ini terjadi karena pengulangan pengemasan obat yang cukup sering dilkukan, kesalahan ini terjadi Karena banyaknya obat atau sedian farmasi yang terlihat sama atau terdengar sama satu sama lain. Kegiatan ini sudah  dilakukan pada bulan oktober 2019 sampai sekarang.

              Dengan demikian RSUD M.NATSIR mencoba menerapkan sebuah metoda, dimana metoda ini akan mengelompak obat yang memiliki bentuk atau nama yang mirip kedalam suatu kelompok yaitu LASA. Metoda LASA diterapakan dengan cara penekanan warna dan besar huruf yang berbeda pada label obat yang masuk dalam daftar LASA. Setelah penerapan metoda LASA, waktu tunggu obat jadi di RSUD M.NATSIR solok menjadi membaik. Dimana waktu tunggu obat jadi sudah dibawah 30 menit, hal ini sesuai dengan target pelayanan RSUD M.NATSIR Solok.




Berita Terkait