Rematik Kerap Ditemukan pada Lansia
Thursday, 09 December 2021 371 Deswira Umar

Rematik atau nyeri sendi adalah penyakit peradangan dan pembengkakan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri. Penyakit ini banyak dikeluhkan oleh para lanjut usia (lansia).

"Nyeri sendi adalah penyakit yang banyak dikeluhkan para lansia," ujar Spesialis Penyakit Saraf Rumah Sakit Umum Mohammad Natsir (RSMN), dr Yulson, Sp S saat memberikan edukasi di hadapan para pasien di ruang tunggu Poliklinik Neurologi, Kamis (9/12).

Yulson berpesan supaya para penderita rematik tidak asal berobat saja. "Perlu dilakukan pengobatan yang logis secara medis. Jangan mengikuti anjuran-anjuran berobat yang tidak jelas," tukas Yulson.

Disebutkan, saat ini banyak saja anjuran-anjuran yang tidak jelas dan tak dapat dipertanggung jawabkan. "Banyak anjuran yang tidak masuk akal. Bahkan itu bisa memperpara keluhan pasien," pungkas Yulson.

Selain mengarahkan para penderita rematik untuk berobat secara logis sesuai ilmu medis, Yulson juga menganjurkan para pengidap rematik untuk mengendalikan berat badan (BB). Sebab BB yang berlebih akan memperparah remartik. (te)




Berita Terkait