CEPAT SEMBUH DENGAN MOBIL SI NADA (MOBILISASI DINI DAN RELAKSASI NAFAS DALAM)
Wednesday, 03 August 2022 125 Deswira Umar

Inovasi ini di pelopori oleh Delia Santika, A.Md.Kep, pegawai RSUD M Natsir Solok yang bertugas di Ruang Rawat Inap Bedah. Inovasi ini telah di sosialisasikan pasien, keluarga pasien, Pengunjung Rumah Sakit. SDM Rumah Sakit, Seluruh masyarakat yang memiliki akses internet.

Karena tingginya angka laporan operasi harus menjadi perhatian khusus dalam upaya percepatan pemulihan pasien serta menghindari terjadinya komplikasi pada pasien. Komplikasi yang dapat muncul pasca operasi diantaranya perdarahan dan infeksi pada luka operasi. Mobilisasi dini merupakan salah satu intervensi yang digunakan untuk menurunkan banyak komplikasi, termasuk kardiovaskular, paru, dan kekakuan otot

Persepsi pasien masih ada yang beranggapan tidak boleh banyak melakukan gerakan dalam masa penyembuhan karena keluhan nyeri meningkat cenderung memberi pengaruh kurang baik terhadap proses mobilisasi dini. Persepsi pasien masih ada yang beranggapan tidak boleh banyak melakukan gerakan dalam masa penyembuhan karena keluhan nyeri meningkat cenderung memberi pengaruh kurangbaik terhadap proses mobilisasi dini. Banyak pasien yang tidak berani menggerakkan tubuh pasca operasi karena takut jahitan operasi sobek atau takut luka operasinya lama sembuh. Masalah yang sering terjadi adalah ketika pasien merasa terlalu sakit atau nyeri dan faktor lain yang menyebabkan mereka tidak mau melakukan mobilisasi dini dan memilih untuk istirahat di tempat tidur.

Hal ini berkaitan dengan kurangnya informasi yang didapatkan oleh pasien. Mengingat komplikasi yang dapat terjadi pada pasca pembedahan, maka proses pemulihan kesehatan post operasi merupakan hal yang sangat penting bagi pasien. Oleh sebab itu, rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan perlu memberikan pelayanan maksimal yang bertujuan untuk mempercepat penyembuhan dan pemulihan kesehatan serta mencegah komplikasi dengan memberikan edukasi mengenai mobilisasi dini dan diatasi dengan relaksasi nafas dalam untuk mengurangi nyeri ketika melakukan mobilisasi dini.

Inovasi Cepat Sembuh dengan MOBIL SI NADA ini dibuat untuk mengoptimalkan percepatan penyembuhan pasien post operasi. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk membantu upaya percepatan pemulihan pasien post operasi di Ruang Rawat Inap Bedah, untuk lebih jelasnya ditinjau dari tujuan inovasi tersebut untuk pasien yaitu :

1. Memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh

2. Mempertahankan fungsi organ tubuh

3. Mempertahankan tonus otot dan sendi

4. Membantu pernapasan menjadi lebih baik

5. Memperlancar proses elliminasi

6. Membantu mempercepat proses penutupan luka jahitan pasca operasi




Berita Terkait