RSUD M. NATSIR LAKUKAN INOVASI “TERONG TRASI”, UNTUK MENINGKATKAN SATURASI OKSIGEN
Wednesday, 03 August 2022 239 Deswira Umar

Inovasi ini di pelopori oleh Sri Wahyuni, A.Md.Kep, pegawai RSUD M Natsir Solok yang bertugas di Ruangan Isolasi covid 19 RSUD M.NATSIR. Inovasi ini telah di sosialisasikan kepada Perawat ruangan, pasien dan keluarga pasien diruangan Isolasi covid 19 RSUD M Natsir Solok,

Banyaknya temuan masalah gangguan saturasi oksigen pada pasien Covid-19 dibawah 95% sangat dibutuhkan sebuah terapi suportif seperti mobilisasi pengaturan posisi yang tujuannya untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen pasien yaitu teknik proning. Permasalahan disini adalah kurangnya penerapan dan edukasi teknik proning oleh perawat kepada pasien dan keluarga memiliki masalah saturasi oksigen rendah.

Saturasi oksigen adalah tolok ukur kesehatan untuk menakar besarnya kadar oksigen dalam aliran darah, normalnya saturasi oksigen dalam darah yaitu 95-100%. Mengetahui nilai saturasi oksigen normal merupakan hal yang penting, terutama saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. Pasalnya, banyak penderita COVID-19 yang kerap mengalami penurunan saturasi oksigen tanpa disadari atau disebut juga hipoksemia.

Inovasi ini dilakukan pada penderita hipoksemia. Pasien tersebut akan merasakan gejala, seperti nyeri dada, sesak napas, batuk, sakit kepala dll. Selain dengan memberikan bantuan oksigen, pasien dengan hipoksemia juga diperlukan pengobatan suportif untuk menaikkan saturasi oksigen. Inovasi TERONG TRASI ini di lakukan oleh perawat pada setiap pasien yang mengalami hipoksemia, didampingi oleh keluarga pasien agar pasien dan keluarga dapat melakukan secara mandiri dibawah pemantauan perawat rumah sakit.




Berita Terkait