HERNIA TERATASI DENGAN “EGA LEBAY”
Thursday, 04 August 2022 162 Deswira Umar

Inovasi  dipelopori oleh Ocvi Liyani, Amd.Kep ini, ditujukan kepada pasien dan keluarga pasien di ruang rawat inap bedah RSUD M Natsir terutama pasien yang menderita penyakit Hernia. Selain itu inovasi ini juga sudah disosialisasikan kepada perawat di ruang rawat inap bedah rsud m natsir solok.

Hernia merupakan salah satu penyakit pembedahan yang ditandai dengan penonjolan abnormal organ atau struktur melalui kelemahan atau robekan pada dinding perut, yang dapat disebabkan oleh kelemahan pada dinding perut bersama dengan peningkatan tekanan intra-abdomen, seperti tekanan dari batuk, mengejan, dan angkat berat. Penyakit Hernia biasanya tidak menimbulkan nyeri pada gejala awal namun akan sangat nyeri ketika isi dari hernia terjepit pada cincin hernia.

Kejadian Hernia di ruang Bedah RSUD Mohammad Natsir yang dikumpulkan pada bulan Februari 2021 – Februari 2022 terdapat (62) kasus Hernia, penderita laki-laki (58) dan perempuan (4) dengan jenis hernia terbanyak adalah Hernia Inguinalis, dan terdapat 8% dari kasus hernia mengalami Inkaserasi. Laki-laki sebagai kepala keluarga yang berperan sebagai pencari nafkah yang ditutut mampu untuk bekerja setiap harinya, dengan banyaknya jumlah laki-laki yang mengalami Hernia berdasar data diatas menjadi perhatian bahwa laki-laki sangat rentan untuk menderita hernia yang bisa disebabkan karena tuntutan pekerjaan.

 

Penyebab dari penyakit hernia antara lain:

a. Batuk

b. Adanya presesus vaginalis yang terbuka

c. Tekanan intra abdomen yang meningkatkan secara kronis seperti batuk kronik, hipertrofi prostat, konstipasi dan asites.

d. Kelemahan otot dinding perut dan degenerasi jaringan ikat karena usia lanjut.

e. Kehamilanmulti para dan obesitas.

 

Sedangakan Tanda dan gejala dari penyakit hernia yaitu:

a. Berupa benjolan keluar masuk/ keras dan yang tersering tampak benjolan dilipat paha

b. Adanya rasa nyeri pada daerah benjolan bila isinya terjepit disertai perasaan mual.

c. Terdapat gejala mual dan muntah atau distensi bila lelah ada komplikasi

d. Bila terjadi hernia inguinalis strangulata kulit diatasnya menjadi merah dan panas serta terasa sakit yang bertambah hebat.

e. Hernia femoralis kecil mungkin berisi dinding kandung kencing sehingga menimbulkan gajala sakit kencing disertai hematuria.

 

Lengkapnya:

Inovasi EGA LEBAY (edukasi cegah hernia sebelum berbahaya) dapat mengatasi masalah tersebut. Inovasi ini memberikan edukasi dan informasi mengenai penyakit hernia dengan upaya melakukan pencegahan sedini mungkin sebelum terjadinya keparahan pada kondisi Pasien .

Inovasi EGA LEBAY ditujukan agar pasien dan keluarga lebih mudah memahami tentang penyakit Hernia. Dimana dilakukan kegiatan berupa pemberian edukasi kepada pasien dan keluarga pasien , yang diberikan melalui penyuluhan serta dibekali dengan leaflet dan buku saku yang bisa dibawa pulang dan dipelajari di rumah.

Inovasi ega lebay memiliki manfaat Dapat meningkatkan derajat kesehatan pasien dan keluarga pasien sehingga diharapkan menurunnya angka berobat ulang, serta berkurangnya bahkan tidak ditemukan nya pasien yang datang dengan masalah keparahan akibat penyakit Hernia di RSUD M.Natsir dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang kebiasaan sehari-hari yang menghindari dampak bahaya Hernia, makanandengan gizi seimbang dengan harapan dapat diterapkan dalam kehidupansehari-hari.




Berita Terkait