JANGAN TAKUT RADIASI, KINI “SARASO” HADIR DI RSUD M NATSIR
Tuesday, 09 August 2022 215 Deswira Umar

Radiologi merupakan salah satu unsur penunjang yang sangat penting dalam pelayanan di RSUD M. Natsir. Radiasi yang digunakan di Radiologi disamping bermanfaat untuk membantu menegakkan diagnosa, juga dapat menimbulkan bahaya bagi pekerja radiasi, pasien dan masyarakat umum yang berada di sekitar sumber radiasi tersebut.

Pelayanan informasi radiasi sangat pentingperanannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan radiasi. Kecelakaan radiasi bisa membahayakan pasien, pengunjung dan masyarakat. Kecelakaan radiasi ini dapat menyebabkan efek yang merugikan serta berpotensi menimbulkan risiko fatal.

Di era digitalisasi dan industri 4.0, dengan keterbatasan jumlah petugas memungkinkan dan memfasilitasi untuk melayani pasien dengan maksimal melalui TV edukasi sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh segala informasidi Radiologi. Dengan alasan tersebut perludilakukan Edukasi mengenai Radiasi di Instalasi Radiologi melalui TV Edukasi dengan inovasi SARASO Safety Aman Radiasi, Azas SOP di Radiologi”.

Inovasi “SARASO (Safety Aman Radiasi, Azas SOP di Radiologi)” hadir untuk memberikan informasi dan edukasi untuk keselamatan dan meminimalisir radiasi yang diterima baik pasien, petugas maupun masyarakat umum. Pemberian edukasi ini berperan penting dalam mengoptimalkan penyampaian informasi serta menambah pengetahuan pasien, petugas, dan pengunjung sehingga dapat mengurangi dampak penyakit terutama penyakit tidak menular akibat radiasi.

Inovasi SARASO menjadi solusi untuk menjembatani informasi antara petugas ke pasien dan pengunjung sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap paparan radiasi serta meminimalisir dosis yang diterima oleh pasien atau pengunjung di Radiologi RSUD M.Natsir.

Jangan takut radiasi, RSUD M. Natsir hadir dengan inovasi SARASO.

 

 




Berita Terkait