Lapor SIMRS
Wednesday, 10 August 2022 197 Deswira Umar

Inovasi ini dipelopori oleh M Arief Kurniawan, S.Kom, pegawai RSUD M Natsir yang bertugas di ruangan SIMRS RSUD M Natsir. Inovasi ini telah disosialisasikan kepada staf SIMRS dan staf pelayanan di RSUD M. Natsir.

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan adalah pengecekan berkala setiap perangkat keras yang ada. Pengecekan ini dilakukan untuk menjaga kondisi perangkat keras agar tidak terjadi masalah dalam kegiatan pelayanan yang dilakukan setiap harinya. Walaupun pengecekan telah dilakukan secara rutin, terkadang kondisi perangkat keras (hardware) bisa mengalami disfungsi atau eror disaat yang tidak terduga. Hal ini bisa di akibatkan karena kondisi perangkat keras yang sudah cukup lama digunakan sehingga dapat mengganggu proses pelayanan pasien.

Untuk saat ini, kegiatan pengecekan perangkat keras secara berkala dilakukan dengan cara pergi ke setiap bagian atau unit yang ada di RSUD Mohammad Natsir, kemudian mencatat kondisi perangkat, spesifikasi perangkat, hingga pengujian perangkat keras. Hasil pengecekan berkala kemudian di rekap didalam komputer dengan menggunakan Microsoft excel. Namun penyimpanan data perangkat keras serta hasil pengecekan berkala menggunakan Microsoft excel tentu memiliki keterbatasan akses dan beresiko terkena virus hingga file hilang.

inovasi ini merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan dalama mendata perangkat dan kerusakan IT yang dapat diakses secara lokal area network baik menggunakan jaringan kabel maupun wifi. Sistem yang dibuat akan mempermudah kegiatan pendataan perangkat dan kerusakan IT hingga mempermudah proses pengecekan berkala setiap perangkat disetiap unit. Pengecekan dan laporan kerusakan yang biasanya menggunakan catatan dikertas, kemudian direkap di Microsoft excel akan dioptimalkan dengan cara memasukkan data perangkat keras dan hasil pengecekan berkala serta laporan kerusakan perangkat melalui Sistem Informasi Data Perangkat dan Kerusakan IT yang dapat dikases melalui browser dikomputer maupun smartphone. Data yang disimpan didalam sistem tentunya akan lebih mudah diakses, mudah dicari, dan lebih aman dari resiko terkena virus hingga hilangnya data.




Berita Terkait