Edukasi tentang Diabetes Mellitus (DM) oleh dr. Dini Reswari
Wednesday, 24 August 2022 809 Deswira Umar

Solok_Selasa (23/08/2022), Instalasi PKRS kembali menyelenggarakan penyuluhan kesehatan terhadap pengunjung dan pasien , Kegiatan yang memberian edukasi tentang Diabetes Mellitus (DM) kepada pasien dan pengunjung ini diberikan oleh oleh dr. Dini Reswari  di ruang tunggu Poliklinik Rawat Jalan RSUD M. Natsir.
dr. Dini memaparkan bahwa diabetes mellitus yang sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis adalah kondisi kronis saat gula di dalam darah berada dalam jumlah tinggi, karena tidak bisa dinetralisir oleh hormon insulin.
Gejala tipikal yang sering dirasakan penderita diabetes antara lain poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/ mudah lapar). Selain itu sering pula muncul keluhan penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, timbul gatal-gatal yang seringkali sangat mengganggu (pruritus), dan berat badan menurun tanpa sebab yang jelas.
Faktor risiko DM yang tidak bisa diubah: Usia ≥40 tahun; Mempunyai riwayat keluarga menderita DM; Kehamilan dengan gula darah tinggi; Ibu dengan riwayat melahirkan bayi dengan (Berat Badan Lahir) > 4 kg; Bayi yang memiliki Berat Badan Lahir (BBL) < 2,5 kg
Faktor risiko DM yang bisa diubah antara lain: Kegemukan (Berat badan lebih /IMT > 23 kg/m2) dan Lingkar Perut (Pria > 90 cm dan Perempuan > 80cm); Kurang aktivitas fisik; Dislipidemia(Kolesterol HDL ≤ 35 mg/dl, trigliserida ≥250 mg/dl;Riwayat penyakit jantung; Hipertensi/ Tekanan darah Tinggi  (> 140/90 mmHg); Diet tidak seimbang (tinggi gula, garam, lemak dan rendah serat).
Komplikasi DM antara lain : Stroke; Kerusakan jantung (pembuluh darah jantung); Kerusakan syaraf (neuropati) terutama didaerah perifer; Katarak dan kebutaan(retinopati); Kerusakan ginjal (Nefropati); Disfungsi seksual (Impotensi); Kerusakan pembuluh darah kaki.
5 kunci sehat ala diabetesi :
1. Diet sehat DM (Perhatikan 3J : Jam, Jumlah, Jenis)
2. Olahraga
3. Hindari stress
4. Cek kadar gula darah secara teratur
5. Menghindari terjadinya luka




Berita Terkait