Hindari Rematik dan Asam urat dengan Menjaga Kesehatan, ini Infonya
Monday, 05 September 2022 162 Deswira Umar

Pada Kamis (01/09/2022) kemaren, PKRS RSUD M. Natsir kembali menggelar kegiatan penyuluhan. Kegiatan Pemberian informasi dan edukasi di ruang tunggu Poli Neurologi ini menghadirkan dr. Yulson, Sp.S sebagai narasumber dengan tema penyakit rematik dan asam urat.

Dr. Yulson mengatakan; “ Sekilas, gejala rematik dan asam urat memang tampak serupa. Keduanya dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian hingga membatasi ruang geraknya. Akan tetapi, sebenarnya penyebab rematik dan asam urat merupakan dua hal yang berbeda. Rematik (rheumatoid arthritis) adalah penyakit autoimun yang menyerang persendian, sedangkan penyakit asam urat atau gout merupakan bentuk radang sendi menyakitkan yang disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah”.

Secara umum, cara mencegah rematik dan asam urat yang efektif adalah menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan rutin berolahraga, serta berhenti merokok dan mengosumsi minuman beralkohol. Beberapa pesan dr. Yulson, Sp.S yang perlu diperhatikan bagi pasien asam urat/rematik: Jangan diurut, Jangan melakukan gerakan-gerakan yang tidak diperlukan, perbanyak istirahat , minum obat penurun asam urat sesuai anjuran dokter dan Jaga pantangan asam urat yaitu hindari/kurangi konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, siput laut, kacang panjang serta menjaga berat badan ideal, dr. Yulson menambahkan.




Berita Terkait