Lansia Sehat dan Bahagia dengan Gizi Seimbang
Monday, 05 September 2022 167 Deswira Umar

Pemberian informasi dan edukasi kali ini diadakan di Istana Lansia kota Solok yang dikelola oleh Dinas Sosial Kota Solok pada hari Selasa (01/09) yang lalu. Yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan penyuluhan kesehatan ini adalah Rani Fajri Yulia. Z, Amd.GZ dari Instalasi Gizi RSMN.

Rani menjelaskan bahwa kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap gangguan gizi dan berbagai penyakit, antara lain terlalu gemuk, terlalu kurus, penyakit hipertensi, penyakit jantung, diabetes melitus, osteoporosis , osteoartritis dan lain-lain. Maka kebutuhan zat gizi dan dan pola konsumsi pangan pada kelompok usia lanjut agak berbeda dibandingkan dengan kelompok dewasa.

Untuk mencegah timbulnya masalah gizi atau penyakit pada lansia sehingga lansia dapat tetap sehat dan bugar dengan mengkonsumsi makanan yang beragam, biasakan memakan makanan yang banyak mengandung serat, minum air putih yang cukup (6 gelas perhari), tetap melakukan aktifitas fisik, batasi mengkonsumsi gula, garam dan lemak, pertahankan berat badan normal, dan jaga pola hidup bersih dan sehat, kata rani.

Dan juga selain itu Tim PKRS RSUD M. Natsir selaku pelaksana kegiatan ini melakukan berbagai kegiatan antara lain pengecekan tekanan darah, penyuluhan kesehatan, dan senam lansia.




Berita Terkait