Kebutuhan Nutrisi Untuk Lansia
Wednesday, 26 October 2022 158 Deswira Umar

Solok_Selasa (25/10), "Kebutuhan nutrisi pada lansia berbeda dengan kebutuhan nutrisi pada orang dewasa lainnya. Perubahan pada fisiologis tubuh, kemungkinan adanya penyakit dan perbedaan aktivitas sehari- hari menjadi penyebab perbedaan ini", Demikian yang dikatakan oleh dr. Ali Murdianis, Sp.PD pada pengunjung poliklinik RSUD M. Natsir di Poli Geriatri.


dr. Ali menambahkan perlu diperhatikan bahwa jumlah asupan kalori bagi lansia lebih sedikit, karena aktivitas juga sudah tidak begitu banyak. Kebutuhan protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, kalsium dan air harus benar- benar tercukupi. Sementara konsumsi gula, garam dan minyak harus dibatasi. Secara umum, konsep "Isi Piringku" dapat diterapkan untuk memenuhi kebutuhan gizi lansia. Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Kampanye "Isi Piringku" juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari.


Selain pola makan sebenarnya masih ada hal lain yang perlu dilakukan oleh lansia untuk memperoleh kondisi tubuh yang sehat. Hal ini bisa disebut sebagai 4 pilar strategi utama sehat, yang terdiri dari:
•    Nutrisi yang baik
•    Aktivitas olahraga
•    Istirahat yang cukup
•    Aspek spiritual: Doa, kegiatan sosial, pertemuan keagamaan, pengajian, arisan dll.




Berita Terkait