Pola Hidup Sehat dalam Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Hipertensi
Thursday, 27 October 2022 192 Deswira Umar

Solok_Rabu, (26/10) Masih di hari yang sama, dilanjutkan Kegiatan pemberian informasi dan edukasi kepada pengunjung Poli Geriatri Terpadu RSUD M. Natsir yang kali ini bersama dr. Yulia Rahmi ZJ.

dr. Yulia menjelaskan bahwasanya Pola hidup sehat merupakan gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan dan dapat mencegah terjadinya hipertensi.
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik (TDS) ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik (TDD) ≥90 mmHg. Sering disebut The silent Killer karena sering tanpa keluhan.
Gejala Tekanan darah tinggi : Pusing, sakit kepala, mata kabur, perdarahan tiba-tiba dari hidung, rasa berat pada tengkuk.
Komplikasi hipertensi : penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, retinopati (kerusakan retina), penyakit pembuluh darah tepi, gangguan saraf, dangangguan serebral (otak).
Pola Hidup Sehat Cegah Hipertensi :
•    Melakukan aktivitas fisik 30 menit/hari : dapat menurunkan tekanan darah sistolik 4 - 9 mmHg
•    Mengurangi asupan garam : dapat mengurangi tekanan darah sistolik 2 - 8 mmHg
•    Mengurangi stres : dapat menurunkan tekanan darah sistolik 5 mmHg
•    Mempertahankan BB Ideal : dapat mengurangi tekanan darah sistolik 5 - 20 mmHg
•    Berhenti merokok : dapat mengurangi tekanan darah sistolik 2 - 4 mmHg
•    Periksa tekanan darah secara rutin
Cegah Hipertensi dengan Perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress) dan kendalikan hipertensi dengan PATUH (Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet dengan gizi seimbang, Upayakan aktivitas fisik dengan aman dan Hindari asap rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya), pungkas dr. Yulia.




Berita Terkait