Lakukan ini untuk mengatasi Taji Tumit
Monday, 20 February 2023 301 Deswira Umar

Kegiatan pemberian informasi dan edukasi kepada pengunjung layanan rawat jalan RSUD M. Natsir kali ini  diberikan oleh mahasiswa DIII Fisioterapi Universitas Indonesia yang didampingi oleh Hamdani, S.Ft dari Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD M. Natsir dengan tema "Calcaneus Spurs" pada Jumat (17/02) kemaren di ruang tunggu Instalasi Rehab Medik.

Calcaneus Spurs, atau umumnya dikenal sebagai taji tumit merupakan salah satu penyebab nyeri pada tumit. Taji tumit adalah tonjolan pada tulang di tumit kaki yang disebabkan oleh trauma atau benturan, berdiri lama atau pembebanan yang berlebih, pergeseran atau atropi bantalan lemak di tumit, cara berjalan yang salah, seperti sering menyeret atau mengentakkan kaki, pemakaian sepatu yang tidak pas, obesitas, dan usia lanjut. Tonjolan ini dapat menimbulkan nyeri tumit saat berdiri, berjalan, atau berlari. Taji tumit dapat terletak di belakang tumit atau di bawah telapak kaki.

Tumit yang sakit dapat ditangani dengan perawatan mandiri di rumah. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah :

1. Istirahatkan kaki dan angkat tumit ke posisi yang lebih tinggi dari dada ketika berbaring.

2. Kompres dingin tumit selama 10-15 menit sebanyak dua kali sehari.

3. Kenakan sepatu yang nyaman, tidak sempit, dan memiliki hak yang rendah. Agar lebih nyaman, gunakan bantalan tumit dalam   sepatu.

4. Jangan berjalan atau berdiri terlalu lama, dan istirahatkan kaki jika berjalan atau berdiri terlalu lama.

5. Balut area sekitar tumit dan pergelangan kaki dengan perban, untuk menyangga tumit atau pergelangan kaki yang terasa sakit.

6. Lakukan latihan peregangan secara perlahan dan teratur.




Berita Terkait