Inovasi REMIX (Reuse Jerigen Bekas Menjadi Safety Box)
Tuesday, 06 June 2023 701 Ukhti Mardiyah Heryan

Inovasi REMIX (Reuse Jerigen Bekas Menjadi Safety Box) ini dipelopori oleh Lusi Meyliza, A.Md.KL, yang kegiatannya sendiri sudah dimulai sejak tahun 2020.

     Penanganan limbah medis masih menjadi persoalan serius hingga saat ini, sebagaimana yang kita ketahui, limbah medis dapat berdampak kurang baik jika tidak dikelola dengan semestinya, resikonya bisa berdampak kepada Tenaga Kesehatan, Pasien, ataupun Masyarakat umum yang berada di sekitar Rumah Sakit.

    Safety box merupakan alat atau kotak yang umumnya tahan terhadap benda tajam, digunakan untuk menampung limbah medis seperti jarum suntik, jarum infus, dll. Penampungan pada safety box ini bersifat sementara sebelum limbah dimusnahkan.

 

 

    Seiring dengan banyaknya kebutuhan safety box secara terus-menerus di lingkungan rumah sakit, Instalasi Kesehatan Lingkungan (Kesling) berinisiatif untuk mencari alternatif dengan memanfaatkan jerigen bekas dari Instalasi Hemodialisa RSUD M. Natsir yang sebelumnya limbah tersebut hanya dibuang begitu saja, kini dapat dimanfaatkan menjadi safety box yang sesuai dengan standar sanitasi.

     Langkah awal yang dilakukan dalam inovasi “REMIX” ini yaitu pertama pengambilan limbah jerigen bekas ke Instalasi Hemodialisa oleh Petugas Kesling serta melakukan pencatatan untuk jerigen yang akan di reuse, mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti mesin bor, pisau, label infeksius, tali atau kabel bekas, dan cat pilox kuning. Kemudian petugas melakukan perakitan dan pembuatan label infeksius pada badan jerigen yang dengan cat pilox. Jerigen yang sudah beralih fungsi menjadi safety box disusun di dalam lemari. Terakhir proses pendistribusian safety box dilakukan dengan bantuan Cleaning Service (CS) di tiap ruangan yang membutuhkan safety box, tiap proses pengambilan safetybox oleh Petugas Cleaning service wajib mengisi data ruangan dan jumlah safety box yang diambil.

     Instalasi Kesehatan Lingkungan RSUD M. Natsir dapat menghasilkan 200-300 safety box per bulan yang diakomulasikan sangat mencukupi untuk mengganti yang sebelumnya safety box dibeli secara komersil sekarang hanya dengan melakukan reuse dari jerigen bekas.

     Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat meminimalisasikan timbulan limbah padat, dapat menurunkan pengeluaran pihak Rumah Sakit dalam pembelian rutin safety box, dapat mewujudkan misi rumah sakit yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan paripurna.




Berita Terkait